Bagaimana bisa lulus CISA?

Saya dua kali ngambil ujian baru lulus, tahun 2004 dan 2005. Ngambil pertama, baru kenal apa itu CISA dan ISACA. Saat itu lagi ada kerjaan di salah satu perusahaan, dosen saya ngebawain satu buku yang beliau bawa dari jepang: CISA Preparation (saya lupa ini yg ngarang siapa). Bukunya tipis, bukan buku resmi ISACA (saya tak tahu bahwa ternyata ada buku manual resminya), tanpa didukung kumpulan soal sama sekali. Waktu itu ada kerjaan audit ERP dengan waktu yang sangat ketat, masih beginner jadi nabrak sana sini untuk buat metodologinya. Sampai 1 hari menjelang tes, belum satu bab pun selesai dibaca, apalagi ngerjain soalnya. Dan tibalah hari ujian, dengan pesimisme tinggi nekatlah ikut ujian. Gile… soalnya aneh, benar2 perlu analisa mendalam. Hanya soal2 terkait dengan pengembangan sistem saja yg sepertinye bisa ditembak. Yg lain, ya ditembak dengan bidikan yang tak jelas. 🙂 Satu bulan kemudian ada pengumuman: TAK LULUS, nilai cuma 69 dari minimal 75.

Tahun berikutnya ngambil lagi, alhamdulillah lulus. Kemarin sore dapat sms dari salah satu temen yg akhir tahun lalu minta saya ngebantu ngisi sesi CISA Preparation buat 6 orang dari salah satu lembaga tinggi negara. Hebat, dari 6 yg ikut, 4 ngabari lulus ujian desember kemarin. First Trial!! Semoga yg 2 lagi juga lulus. Hebatlah…. dibandingkan saya tentunya. 🙂

Berikut ini adalah bbrp kunci yg menurut saya bisa membantu lulus CISA:

  1. Mempunyai sense yang memadai – Karena hampir semua soalnya merupakan analisa mendalam, maka sense di sini diperlukan. Dalam banyak kasus soal, bisa jadi semua jawaban benar: mana yg paling benar/tepat, mana yang pertama kali dilakukan, mana yang paling tepat risikonya?? Mungkin inilah mengapa selain harus lulus ujian, CISA hanya dpt diberikan kepada orang yg sudah pengalaman 5 tahun (ada waivernya untuk bbrp klausul).
  2. Beli manual yang resmi, ulangi dan ulangi bacanya – Sampai saat ini, panduan ujian CISA terbaik menurut saya adalah manual resmi yang dikeluarkan tiap tahun oleh ISACA. Kalau punya dana terbatas, ini prioritas pertama yg harus dibeli. Saya tak pernah bisa tamatkan buku manual ini, bahkan di ujian kedua saya. Tapi ini contoh jelek, contohlah tips orang-orang india yang punya metrik: minimal khatam 2x. Mungkin karena itulah orang2 india itu skornya tinggi-tinggi.
  3. Perkaya literatur – Biasanya di setiap bab manual ada bahan-bahan tambahan yang disarankan untuk dibaca sebagai tambahan. Pengalaman saya, ini mayoritas bisa terpenuhi dengan googling. Jadi sebaiknya luangkan waktu untuk nyari materi tambahan ini.
  4. Latihan dan latihan soal – Selanjutnya adalah mengerjakan semua latihan soal yang ada di buku manual. Itu minimal sekali, baiknya usahain untuk dapat kumpulan latihan soal yang dikeluarkan oleh ISACA setiap tahunnya. Ribuan soal di dalamnya akan sangat membantu dalam mempertajam sense. Jangan berharap seperti UMPTN/SPMB bahwa soal-soal yang ada di situ akan keluar lagi, itu kemungkinanya sangat-sangat kecil. Yg penting adalah kita mengenal polanya, itu kuncinya. Karena itu jangan hapalkan jawabannya, tapi pelajari isi dari setiap soal. Bisa jadi nanti akan dibolak-balik, atau cara pandang sebuah soal terhadap satu kondisi akan sama, cuma kasusnya berbeda.

Apakah perlu ikutan Bimbel CISA? Kalau punya uang dan waktu yang terbatas untuk mereview manual, mungkin itu bisa jadi alternatif. Tapi tak ikut pun tak apa-apa. Bimbel CISA cuma dua yang dibahas: Manual CISA resmi dari ISACA (ini ada ppt bawaan dari ISACA) dan soal-soal dari ISACA. Try out bimbel itu mayoritas hanya ngambil dari soal-soal yang dikeluarkan ISACA. Kalau Anda bisa spend waktu sendiri secara disiplin, belajar sendiri tak apa-apa. Mau ikut bimbel atau belajar sendiri, kunci berikutnya adalah:

Membuat program persiapan pribadi & rajin nyicil belajar

Rasanya itu saja, plus nanti kalau mau ujian harus siapin fisik dengan baik: sarapan yang berkualitas dan tidur cukup malam sebelumnya; karena ujiannya cukup lama: 4 jam ujian + 1 jam persiapan ndengerin “pembawa acara” bule yang kadang sangat cerewet 🙂

20 Responses to Bagaimana bisa lulus CISA?

  1. Dikky says:

    Halo Bung Basuki, apakabar?. Saya lagi mempersiapkan diri ikut CISA. saya ikuti saran anda beli buku resmi. untuk tambahan-tambahannya terutama soal dan materi kalau ada dan tidak keberatan bagi-bagi dong. Maturnuwun, semoga sukses selalu.

  2. abuazmar says:

    Halo Mas Dikky,
    Tks sudah mengunjungi tempat ini.
    Semoga lulus ujiannya mas. Aku ada bbrp tahun soal ujian CISA, cuma tll besar kalo diupload.

  3. Tri says:

    Mas Basuki ysh,

    Saya baru mau ikut ujian tahun ini, dimana saya bisa cari contoh2 soal ujian CISA ya…trims ya Mas..

  4. Plugie says:

    Saya coba beli soal2 ujian dari ISACA tapi ditolak. Mohon kiranya bisa dibagi kumpulan soal2 yang dimiliki. Kalau bisa saya beli deh dari Mas.

    Terima kasih

  5. Pingback: CISA, Gelar Profesional IT Auditor Bernilai Jual Tinggi « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  6. Pingback: CISA, Gelar Profesional IT Auditor Bernilai Jual Tinggi « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  7. Pingback: CISA, Gelar IT Auditor Bernilai Jual Tinggi « Fraud dan Korupsi: Sebuah Catatan untuk Negeri

  8. triyogo says:

    mas bas, aku membulatkan tekad mo ujian nih juni ini, alangkah berbahagianya kl ada yang bisa di share, hehehehe

  9. Indra says:

    Salam kenal Pak Bas, saya ada rencana ikut ujian cisa juni ini (2009), kalau tidak keberatan boleh dong dishare soal-soal ujiannya atau materi ringkasanny (bila ada), kalau filenya terlalu besar mungkin bisa dikirim by CD atau hrdcopy, tentunya akan diganti biaya kirimnya. Sebelumnya sangat terima kasih.

    Sukses selalu.

  10. Rachman says:

    Assalamu’alaikum
    Mas Abu 😀 ..

    Saya Kerja di Bagaian Kepatuhan Khusus IT,
    apakah ada korelasinya CISA dengan Kepatuhan IT dan bisa diimplementasikan di Bagian tersebut .. bagaimana ?

    saat ini saya udah baca-baca review manualnya tp kok tebel banget ya 😀

    framework cara fikirnya harus gimana biar cepet masuk 😀
    apakah bacanya bisa loncat-loncat atau harus squential

    jazakallah ..

  11. abuazmar says:

    Halo Mas Rachman

    CISA bisa sangat berguna untuk posisi Mas Rahmad. Compliance/kepatuhan atas sebuah regulasi , misalkan dalam kasus Mas Rahmad adalah PBI. Jika dapat CISA, berarti Mas Rahman bisa memastikan apakah compliance atau tidak, tentu saja caranya dengan melakukan fungsi audit, atau minimsal sekali Control Self Assessment (CSA).

    Pengalaman harus dibaca benar mas, minimal sekali. Setelah itu konsumsi sebanyak-banyaknya soal, karena membaca manual ibaratnya kita mengumpulkan potongan-potongan puzzle. Belajar soal itu seperti menyusun puzzle-puzzle itu, karena CISA itu mayoritas depth-analysis. Nah soal itu membantu mensistematiskan pemahaman dan memperkuat sense. Kira-kira gitu.

  12. andi says:

    Halo bung basuki….

    saya niat ngambil ujian di akhir tahun ini…dan sebulan lalu saya ikutin test trial software yg di sediakan ISACA…
    apakah mas basuki ini ikut ShortCourse dari beberapa lembaga pendidikan?….karena ujiannya sendiri saja dah makan biaya tinggi saya tidak di bantu kantor kebetulan dan nyisihin dari gaji saya ….
    pertanyaan saya satu lagi….saya berprofesi sebagai Security Analyst…apakah itu termasuk dalam experience yg di saratkan dari ISACA?….terima kasih…

    • abuazmar says:

      Halo Mas Andi,

      Semoga sukses dan lulus ujian CISAnya bulan depan. Saya belajar sendiri mas, dan teman-teman saya dari Bandung yg awal-awal lulus CISA hampir semuanya belajar sendiri. Menurut saya ikutan shortcourse hanya memberikan frame awal saja, tetap saja kalau tidak mendalami sendiri.

      Pengalaman sebagai security analyst sangat bisa mas.

      • andi says:

        Terima Kasih pak….

        kalau saya sendiri sudah mulai siap2 mulai baca2 dikit…tapi semua itu bentuknya ebook kalau saya cari di jakarta ada yg jual kopiannya…tapi masih review manual 2007…takutnya ketika saya belajar dari versi 2007 pas ujian nanti takut beda apa yg saya pelajari dengan yg diujikan…..
        dan budget saya bener2 pas buat ujian saja….jd mencari solusi termurah untuk lewat ujiannya hehe

        ada masukan mas?

        terima kasih…

  13. omyudha says:

    saya juga membulatkan tekad untuk mau ikutan ujian cisa akhir tahun ini, secara budget terbatas (lumayan nabung juni-september).
    saya dulu pnah diajar mas basuki wkt ambil MCIO ITB. boleh mhon bantuan ebook2 yang terkait ke cisa ga mas ? sukur-sukur contoh-contoh soal ujian. abis dulu waktu kuliah cuma dikasi pamer p endro, mo miinta kopiannya ga boleh, hehehehe

  14. ady says:

    mas, mo nanya2
    saya seorang pengajar IT pada sebuah PTN.
    saya sangat tertarik pada sertifikasi CISA ini, pertanyaan saya:
    1) bolehkah sertifikasi ini diambil oleh profesi pengajar? menurut pendapat mas sendiri bagaimana?
    2) untuk mendapat sertifikat dari ISACA kan diperlukan pengalaman auditor 5 tahun, bagaimana dengan dosen? darimana pengalaman tersebut bisa di dapatkan?
    3) boleh diberitahu prosedur pendaftaran hingga testnya? seperti lokasi dan waktu daftar, lokasi dan waktu tes

  15. Fadlil Chusnid Fadlil Chusni says:

    Salam kenal mas bas, saya pegawai pemprov jatim ingin sekali ujian isaca mohon bantuan untuk daftar dan bimbingan ujian tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: