Kiat Bisnis Haji Ma’shoem

Kira-kira 2 bulan yang lalu saya dapat buku biografi Haji Ma’shoem, dari kantor yayasan almarhum di Jl. Rancaekek Bandung. Buku-buku seperti ini termasuk buku yg paling saya suka, karena memberikan pelajaran bisnis praktis dan sudah terbukti. Belajar dari pengalaman orang-orang yang berhasil, apalagi dengan mengetahui sisi-sisi kehidupannya lebih banyak, katanya akan banyak mengispirasi.

Haji Ma’shoem (dilahirkan dengan nama Dajoen di daerah Ciawi – Tasikmalaya, mendapat nama Ma’shoem (terpelihara) dari seorang kyai yang akhirnya mengambil dia jadi menantunya) memang berangkat dari nol, dari menyewa sepetak rumah di pinggiran jalan rancaekek sebelum jaman jepang, sampai dengan sekarang menggurita ke berbagai bidang. Kalau Anda melalui jalan2 ke arah Bandung dari garut, tasik, purwakarta, dsk akan menemukan banyak sekali pom bensin Ma’shoem. Di pinggir Jl. Raya Rancaekek, Anda juga bisa menemui kompleks pendidikan terpadu, pesantren, bank syariah, dan berbagai unit bisnis almarhum.

Ketika meninggal, barisan panjang beberapa kilometer dari rumah beliau ke masjid menjadi jalur estafet ribuan orang-orang yang ingin menyentuh dan menghormati beliau. Kalaulah beliau bukan orang yang patut ditiru dan dihormati, tak akan mungkinlah ribuan hti orang tergerakkan untuk memperlakukan beliau seperti itu. Di tengah arus pengusaha ALI BABA di awal order baru, Haji Ma’shoem merupakan sedikit dari kalangan pribumi muslim yang bisa bersaing dengan tetap menjaga harkat dan martabatnya. Ketika etika bisnis baru diwacanakan dan dibahas di kuliah-kuliah ITB akhir 90-an, beliau adalah contoh nyata yang telah mempraktikkannya berpuluh-puluh tahun sebelumnya, di kultur Indonesia yang nyata.

Bisnis adalah ibadah, dengan berbisnis akan bisa membantu banyak orang. Mungkin itulah filosofi paling mendasar mengapa beliau sukses bisnis, keluarga dan sosial. Ini exact, sunnatullah, karena Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baik mukmin adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada sesamanya”.

Semoga bisa berlanjut….

One Response to Kiat Bisnis Haji Ma’shoem

  1. budi irawan says:

    great….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: