Mencari atau Menjemput Rejeki?

Istilah menjemput rejeki ini saya dengar pertama kali dari Aa Gym. Menurut beliau, kita ini tidak disuruh mencari rejeki, tapi menjemput rejeki. Kalau mencari, berarti sebenarnya kita belum mempunyai. Kalau menjemput, berarti itu memang punya kita. Rejeki setiap makhluk Allah itu sudah terjatah, tinggal manusianya mau ngejemput apa tidak. Kualitas menjemputnya menentukan banyak sedikitnya rejeki seseorang.

Ini cara pandang yang sangat menarik dan cerdas. Kita ini hanya disuruh berikhtiar dan bertawakal setelah berikhtiar, Allah yang akan menunjukkan rejeki kita. Kalau kita kerja di sebuah perusahaan, bukan perusahaan atau pemilik perusahaan itulah sumber rejeki kita. Itu hanya syariat, Allah-lah sumber rejeki kita. Bisa jadi ikhtiar kita yang sedang kita jalankan untuk mengejar rejeki A, eh ketika probabilitas manusiawinya sudah 90%, dengan beberapa sebab sepele saja tiba-tiba melayang. Ketika kita sedang merenungi dan mengevaluasi, tiba-tiba seorang kawan menelepon dan menawarkan sebuah kerjaan yang dalam hitungan menit sudah deal dan jadilah itu kerjaan. Tak disangka-sangka kan? Saya sering dengar kasus-kasus seperti ini.

Barangsiapa bertaqwa, AKU akan jadikan untuknya makhraja (wayout=jalan keluar) dan AKU limpahkan rejeki dari arah tak disangka-sangka. (Al Quran)

Subhanallah, jadi kunci dari segala kunci adalah ketaqwaan. Ketaqwaan itu tak sekedar ibadah langsung seperti sholat, tapi profesionalisme dan ikhtiar sampai maksimal, itu adalah ketaqwaan. Kita harus kuat kalau mau berhasil, kuat ilmu, kuat ibadah dan tentu saja kuat secara profesional.

Hehe… malu, masih jauh……..

One Response to Mencari atau Menjemput Rejeki?

  1. sugihfulus says:

    saya setuju dg konsepnya aa gym

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: