Sharing data ilegal??

Suatu saat ada sebuah perusahaan asuransi menelpon untuk menawarkan produknya. Ternyata dia dapat data dari sebuah Bank BUMN, dimana saya punya kartu kredit di situ. Ini tidak hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali. Pernah juga ternyata perusahaan yang menghubungi itu mendapatkan data dari sebuah operator telekomunikasi, dimana saya punya nomor postpaid di situ.

Seringkali ini membuat tak nyaman. Masalahnya, si sumber data (bank & operator telco tadi) tidak bisa disalahkan karena ketika kita mengajukan application, di situ kita tidak disediakan pilihan: apakah data kita boleh dishare ke pihak lain atau tidak. Di negara yang menghargai privacy, selalu ada dua pilihan itu.

Seharusnya data-data pribadi itu nggak boleh dishare seperti itu. Yg jadi pertanyaan lagi, adakah kompensasi finansial dari sharing itu, yg didapatkan pihak yang mempunyai database? Kalau ada kompensasi finansial, apakah memang si perusahaan yg menyimpan data nasabah/customernya itu berhak dengan seenaknya melakukan sharing itu? Belum tahu, apakah hal ini sudah dicover oleh UU ITE yang baru disahkan itu.

One Response to Sharing data ilegal??

  1. kuke says:

    Kalo ga salah.. ada mas… di UU ITE soal sharing data pribadi itu. Harus seizin yang punya dah..

    Ntar aku searching lagi ahh.. tanya mbah Google dulu ^^v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: