Keajaiban langkah pertama

Salah satu yang patut dikagumi dari para enterpreneur yang berhasil adalah KEBERANIANNYA MENGAMBIL LANGKAH PERTAMA. Hambatan terbesar di awal-awal membuat start-up katanya bukanlah modal atau kemampuan, tapi keberanian. Ini terutama berlaku untuk bidang yang relatif tak punya pengalaman di dalamnya.

Itulah mengapa seringkali sistem kapitalis itu tak adil, karena selalu melihat share kepemilikan dengan metrik finansial. Keberanian dan risiko start-up itu susah dikuantifikasi. Saya lebih suka pakai cara penghitungan syariah untuk start-up ini, lebih adil dan menentramkan semua pihak shareholder.

Kunci pertama start-up itu ya langkah pertama. Seringkali terlalu banyak mikir itu malah membuat tak bergerak. Dalam perspektif tauhid, sebenarnya keajaiban langkah pertama itu lebih tepat dinamakan dengan terbukanya kunci-kunci pertolongan Allah. Bentuknya bisa bermacam-macam: mengenal proses produksi semakin detail, mendapatkan siklus produksi yang paling efisien, dapat tempat bahan baku yang paling bersaing, dapat chanel distribusi, sampai dengan berhasil meluncurkan produksi pertama. Dengan modal yang terbatas, rasanya lega sekali bisa menyelesaikan satu siklus awal. Artinya, dapat ilmu baru dan dapat pemasukan pertama untuk menggulirkan siklus-siklus berikutnya.

Tetap fokus pada proses produksi dan distribusi, sambil tetap memperkuat Competitive Advantage: kekuatan desain dan inovasi tiada henti.

3 Responses to Keajaiban langkah pertama

  1. eko didik says:

    memang susah yang pertama, bas. awakm udah lewat siklus awal yah.. aku masih mencoba, tapi mentok terus…

  2. kuke says:

    Dan karena itu aku masih suka berada di sekitar TKP.. *sambil iseng2 terus hehe..*
    Aku sedang senang belajar dari 2 orang.. *SHD & you..*

    ^^ ayo, Mas.. berikutnya jauh lebih berat..
    Kayak band2.. kalo udah sukses di album pertama.. mereka mesti lewatin tantangan album kedua yang bisa jadi sama sukses atau lebih sukses atau justru jauh dari sukses..

  3. budi irawan says:

    as soon as possible….
    it must be….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: