Andaikan Service Management diimplementasikan dalam manajemen pemerntahan kita…

Salah satu seri dalam training CPE kami adalah IT Service Management. Ini satu topik yang coba kami dalami secara bersama-sama di Transforma Institute. Berikut ini adalah satu contoh ilustrasi bagaimana konsep IT Service Management diimplementasikan untuk merealisasikan alignment Business-IT mulai dari level arsitektur sd pengukuran kinerja layanan bisnis.

Saya suka topik ITSM dibandingkan dengan topik IT Governance:

  1. ITSM memungkinkan alignment arsitektural bisnis dan TI
  2. ITSM memungkinkan memetakan kinerja layanan bisnis dengan layanan TI. Dalam kata lain, kalau kinerja sebuah layanan bisnis tak mencapai level yang ditentukan sebagai satu contoh, bisa di-trace-back ke kinerja layanan TI: mana IT service yang tak tercapai service-levelnya, bahkan dapat diketahui mana ini Technical IT Components yang tak berfungsi secara normal. Dan semuanya memungkinkan automated….
  3. ITSM menyediakan lahan riset yang luas, dari yang paling manajerial sampai dengan yang paling technical pun memungkinkan….

Andaikan pengelolaan public service pemerintahan kita ini menerapkan konsep Service Management ini, semua serba transparan: apa saja layanan yang didapat dan tidak didapat, apa kualitas per layanan, bagaimana pencapaian kualitasnya, dll. Sayangnya semuanya sepertinya malah dibuat serba abu-abu, sehingga bisa ditorak-tarik sana-sini apakah itu tercapai atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: