Apa itu kecerdasan?

Kecerdasan intelektual, IQ!!

Betulkah? Sistem pendidikan kita kiblatnya memang masih seperti itu. Walaupun konsep-konsep multi-kecerdasan (multiple intelligence) banyak diadopsi, tetapi tidak mudah menetapkan metrik kecerdasan dan membuat metoda pengukurannya. Secara umum, sistem kecerdasan berbasis IQ masih paling dominan.

Tapi ada fenomena menarik, ternyata buat lulusan perguruan tinggi, IPK hanya menduduki peringkat 17 dari 20 kualitas yang dianggap penting bagi lulusan universitas. Survey ini dilakukan oleh National Association of Colleges and Employers (NACE) pada tahun 2002 di Amerika Serikat. Salut buat ITB yang sekarang sudah lebih serius memperhatikan Soft Skill ini. Silakan akses link berikut untuk lebih detailnya:

http://www.ditdik.itb.ac.id/soft_skills/Bu1.html

Setelah 8 tahun lulus dari S1, apa yang dihasilkan di situ semakin terasa kebenarannya. Ada temen seangkatan yang lulus dengan IPK pas-pasan, sampai tidak PD mau ngelamar kerja. Akhirnya dia pulang ke kampung, dan terpaksa memulai bisnis sendiri. Dan yg paling lucu, dia mulai bisnis dari jualan pakaian, termasuk pakaian dalam wanita. hehe… Dalam satu kesempatan bbrp tahun setelahnya ketika ketemu di Bandung, dia menceritakan tentang kekecewaan Bapaknya ketika itu. Mungkin Bapaknya sambil ngelus dada berkata: “Le… le… (ini panggilan anak lelaki di jawa). Sekolah jauh-jauh di ITB kok jualan underwear!!”. Hehe…

Tahukah Anda sekarang seperti apa dia? Sekarang bisnis kertasnya sudah level propinsi, omsetnya dahsyat. Rasanya ini termasuk lulusan angkatan saya yang paling hebat. Ini juga terjadi di satu lagi temen seangkatan yang bilang waktu kuliah dulu IP-nya pas-pasan, bahkan nyaris terdegradasi katanya. hehe… Sekarang dia punya bisnis konten yang dahsyat, mungkin termasuk lulusan terkaya di angkatan saya sekarang.

Tapi ini jangan jadi pembenaran kuliah seadanya. Karena ada juga yang kuliah seenaknya, dan minim pengembangan diri. Ya jadilah dia orang-orang biasa saja. Nothing special…

****

Dalam Islam, orang yang cerdas itu punya 2 ciri utama: paling kuat mengendalikan hawa nafsu dan paling sering mengingat mati. Kalau direnungi, ini adalah filosofi paling mendalam, karena kedua karakter itu akan menumbuhkan karakter-karakter pejuang dan pemenang.

Paling kuat mengendalikan hawa nafsu, merupakan pangkal dari karakter:

  • Tak melakukan hal-hal yang sia-sia, apalagi merugikan.
  • Selalu memelihara integritas diri.
  • Hidup yang efisien tapi tajam.

Paling sering mengingat mati, merupakan pangkal dari karakter di antaranya:

  • Sadar bahwa sukses bukanlah pencapaian target bisnis/karir, tapi kekuatan memegang komitmen akan nilai penghambaan kepada Tuhan-nya, nilai kemanusiaan dan nilai peradaban.
  • Visioner, karena mengingat mati berarti memulai merancang peta dari impian apa yang ingin dicapai dalam hidupnya sehingga matinya itu berarti dan tak masuk golongan orang-orang merugi.
  • Selalu melakukan persiapan dalam segalam hal. Gagal merencanakan, berarti merencanakan kegagalan. Begitu kata-kata bijaknya.
  • Tak menunda-nunda pekerjaan
  • Selalu mengevaluasi segalanya. Tanpa evaluasi, tak mungkin dicapai kemajuan.
  • Berhati-hati dalam memilih jalan. Orang ini pasti memegang kejujuran, karena dia sadar semuanya akan dipertanggung-jawabkan.
  • Selalu memperbaiki diri.

Tapi mudah menuliskan atau mengatakannnya, tak mudah melakukan dan menginternalisasikan dalam diri kita. Memang tak ada yang serba gratis ya… Bahkan untuk memiliki karakter yang positif pun memang perlu didesain dan diusahakan.

One Response to Apa itu kecerdasan?

  1. iya..tul tul… daku juga gitU… impian dan renCana PencapAian dah manis banget… Tuapi ampe sekarang yang dikerjain tuetp gak jelas…

    tapi… Selama Qt Tetap berusaha, GaK masalah… toh qt bertanggung jawab untuk NIAT dan UsahA/Cara… berhasil gak berhasil atau sempurna gak sempurna, senyum2 ajalah..positif thingking aza..yang penting jangan pernah menyerah…^-^ SemangAAAt!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: