Ramadhan dan Program Perbaikan Sholat

Kurang lebih 5 minggu lagi ramadhan. Rajab (bulan ini yg masih tersisa bbrp hari lagi) dan sya’ban adalah bulan yg dikhususkan Allah untuk persiapan Ramadhan. Tak ada bulan sedahsyat Ramadhan, sehingga Allah memberikan waktu 2 bulan sebelumnya kepada kita umat Islam. Sunnah Nabi untuk memperbanyak ibadah dan shaum di dua bulan ini, khususnya Sya’ban, sehingga dalam satu hadits, Rasulullah diceritakan tidak pernah shaum (di luar ramadhan), sebanyak yang beliau lakukan di bulan Sya’ban.

Banyak sekali hadits yang mengutarakan bagaimana persiapan ramadhan Rasulullah di bulan Rajab dan Sya’ban, ditambah dengan keutamaan ibadah di dua bulan pengantar Ramadhan ini. Ini artinya, ritme ideal ibadah di bulan ramadhan tidak mungkin tercipta secara tiba-tiba, perlu persiapan jauh-jauh hari. Idealnya sejak malam pertama ramadhan kita sudah merasakan nikmatnya shaum, nikmatnya tarawih, nikmatnya sholat malam, bukan minggu penyesuaian. Jadi optimal seluruh waktu yg kita dapat di bulan ramadhan.

“Puncak segala sesuatu adalah Islam. Barangsiapa yang masuk Islam,dia akan selamat; tiangnya adalah sholat dan puncaknya adalah jihad….” (HR Tirmidzi)

“Sesungguhnya akan terlepas ikatan-ikatan Islam satu per satu. Setiap kali ikatan lepas, manusia akan bergantung pada ikatan berikutnya; ikatan yang paling awal terlepas adalah hukum, dan yang terakhir adalah sholat” (HR Imam Ahmad dan Ibnu Hibban)

“Ciri yang membedakan seseorang dengan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR Muslim”

“Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholat. Apabila sholatnya beres, akan beres juga seluruh perilakunya, dan apabila sholatnya rusak, akan rusak pula segala perilakunya.” (HR Tabrani)

Ramadhan adalah bulan turunnya perintah Sholat. Membaca buku “Sudah Benarkan Sholatku?”  karya Pak Aam Amiruddin, ternyata jauh dari sempurna tata cara sholat saya, apalagi dari kualitas khusyu’. Semoga ramadhan ini Allah ijinkan kita perbaiki sholat kita, merasakan nikmatnya menghadap-Nya. Amin. Ya Allah, sampaikanlah kami di bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: