Beginikah negara ini memperlakukan rakyat berprestasinya?

Seorang anak juara dunia catur yg diundang ke acara 17an SBY, dijamu makan malam oleh SBY. Bayangkan betapa bangganya dia. Tapi besoknya, betapa dia merasa tak ada gunanya berprestasi buat negara karena terlantar kehabisan uang dan tak bisa pulang ke riau. Beginilah tanggapan orang depdiknasnya:

“Kesalahan dari bapak itu sendiri. Tidak berkoordinasi. Kami sudah membicarakan, kami tidak menyediakan dana untuk itu,” kata staf Direktorat Pengawasan TK/SD Depdiknas, Yuni S, saat menjemput Yuni di Posko Salah satu parpol di Grogol Selatan, Jakarta Selatan, Kamis (21/8/2008).

Yuni dan Sudirman terbang dari Riau untuk menghadiri upacara bendera HUT RI di Istana Presiden 17 Agustus lalu atas undangan Depdiknas. Malamnya, Yuni bersama anggota pengibar bendera pusaka dijamu makan malam oleh Presiden SBY di Istana Kepresidenan.

Lengkapnya di: http://www.detiknews.com/read/2008/08/21/180353/992346/10/terlantar-juara-dunia-catur-dijemput-depdiknas-di-posko-pdip

Yang paling membuat ngelus dada, adalah kata-kata yuni berikut:

“Sekarang saya kapok main catur lagi. Kalaupun mau main, karena saya suka,” ucap Yuni menyesal.

Ini hal yg paling menyedihkan. Ketika seorang generasi seperti Yuni di atas mengeluarkan kata-kata di atas, itu adalah sebuah kekecewaan paling mendalam. Ini mematikan satu orang dengan potensi emas. Kalau menyadari esensi ini, sudah sepantasnya dipecat itu orang depdiknas dan seluruh birokrat yang tak becus ngurus masalah sepele seperti ini. Mengapa? Kalau mayoritas generasi muda kita jadi apatis seperti Yuni ini, tak ada masa depan negara kita ini. Jadi logislah…

Kita semakin miskin dari hari ke hari, tapi kita makin egois juga hari ke hari. Dan terkikislah pondasi sosial kita, padahal itu salah satu kunci utama memberdayakan kemampuan kita untuk bangkit kembali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: