Sedihnya TI di pemerintahan kita…

Beberapa minggu lalu dalam sebuah aktifitas untuk identifikasi kebutuhan data dan sumber-sumber data dalam rangka pengembangan Datawarehouse-Business Intelligence di salah satu departemen, salah satu tim pengambil data kecele setengah mati karena ditolak di salah satu direktorat:

Anda tidak bawa “modal”?

Duh, bukankah kalau sistem DW-BI ini jadi akan memudahkan mereka juga? Dan bukankah itu data bukan punya mereka, itu punya negara!!!!!!! Pengin nonjok saja itu wajah orang yg ngomong sangat sangat sangat tak pada tempatnya itu. Ngambil data di hampir semua bagian juga sangat sangat sulit.

Yang kedua yang paling aneh tapi nyata, kalau buat DW-BI itu seharusnya data-source dari sistem-sistem traksaksional harus sudah jalan, sehingga posisi strategis DW-BI untuk bisa mendukung monitoring proses bisnis, monitoring kinerja dan pengambilan keputusan benar-benar bisa optimal. Dalam kasus yg saya sedang alami ini, data-source sangat-sangat tak terstruktur, tak sistematis dan bisa dibilang mayoritas masih manual!! Benar-benar ini proyek tergila yang saya pernah jalani. Kapok… benar-benar kapok ngerjain yg kayak gini di pemerintahan.

Yang bikin sangat sedih, bagaimana keputusan nasional terkait keberadaan departemen ini ya? Bagaimana kualitas kebijakan dan keputusan nasional strategis kalau datanya saja masih amburadul seperti ini? Untuk apa rakyat harus bayar pajak kalau penyelenggaraan negara ini masih saja seperti ini? Ini benar-benar seperti masuk dunia pra-sejarah saja….

Duh, semoga dimudahkan dalam waktu tersisa ini. Lebih pening ngurus hal-hal yang non-teknis seperti ini dibandingkan diharuskan overtime berhari-hari tapi jelas ujungnya. Semoga Anda tak mengalami yang seperti ini…

One Response to Sedihnya TI di pemerintahan kita…

  1. dg tola says:

    itu hal biasa mas di dunia pemerintahan,
    lebih2 jika itu masalah IT.
    kayak benang kusut saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: