Sibuk Bersyukur atau Sibuk Mencari Yang Kurang?

Salah satu hal paling mengagumkan dari konstruksi psikis seorang manusia ternyata adalah hubungan antara cara berpikir dan dampaknya atas fisiologis.

Dalam 2 bulan terakhir ini saya ketemu dengan salah satu dosen di salah satu PTN. Usia beliau sudah 60-an, tapi jauh lebih muda dibanding dengan orang-orang yg punya usia 45-50an. Setidaknya perbandingan ini dilakukan di salah satu kantor perusahaan dimana saya sedang ada pekerjaan di situ. Selain olahraga Tai Chi, beliau menekankan alasan lainnya: Mencoba Mensyukuri dan Menikmati Hidup aja.

Kalau mau dicari, selalu saja ada kekurangan atas hampir semua hal yang kita hadapi atau miliki: pasangan, pekerjaan, sekolah, rumah, kendaraan. Kita ini kreatif sekali kalau hanya mencari kekurangan-kekurangan. Semakin banyak sisi kekurangan yang bisa diidentifikasi, semakin negatif perspektif kita atas sesuatu kita. Hari demi hari berganti, jika semakin banyak kekurangan demi kekurangan yang diulang-ulang dalam memori pikiran dan hati ini, semakin emosi kita dibelenggu olehnya. Dan… semakin hidup jadi terasa sempit.

Mungkin inilah hikmah kenapa kita harus selalu mendahulukan syukur atas apa pun yang dititipkan sama kita saat ini, dibanding sibuk mencari yang kurang. Dan ini sangat relevan dengan sebuah teori bahwa Semakin kita bersyukur atas nikmat-nikmat yang dianugerahkan Allah, semakin ditambahkan rejeki untuk kita. Syukur tak sekedar ucapan, tapi diimplementasikan dalam mindset dan diikuti dengan pekerjaan. Kalau orang mencari rasionalitasi dari ayat itu, mungkin ini bisa jadi satu alternatif jawaban.

Luar biasa diri ini diciptakan…… Subhanallah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: