Kali Cikapundung vs Kali Code

Kali (sungai) Cikapundung membelah jantung Kota Bandung, Kali Code adalah salah satu kali yang membelah Kota Yogyakarta. Dua hari kemarin, Minggu-Senin (09-10/11/2008) kemarin ada agenda ke Jogja. Senin malam, sambil nunggu kereta lodaya dari Solo (dari Stasiun Tugu 21.30), saya nengok anak ketiga temen yang baru lahir bbrp minggu lalu, makan rawon jawa timuran, baru ke stasiun.

Dalam dua hari itu beberapa kali melewati Kali Code. Yang paling membedakan dengan Sungai Cikapundung, Kali Code jauh lebih bersih. Perumahan-perumahan di pinggir Kali Code juga tertata sangat rapi, walaupun sederhana. Jalan-jalan setapak di sepanjang sungai diaspal rapi, tempat-tempat duduk santai banyak dibangun di pinggir sungai. Kata Helmi temen saya yang ngantar seharian itu, ternyata ada juga Rumah Susun yang sengaja dibangun di pinggir Kali Code itu, sehingga memang bisa jadi solusi untuk menampung banyak keluarga di situ.

Dua minggu lalu sempat ada workshop dengan teman di Hotel Aston, Braga Bandung. Dari lantai 16 bisa dilihat liukan Kali Cikapundung. Jadi ingat itu, dan dibandingkan dengan yang kemarin dilihat di Kali Code, jadi malu sama orang Jogja. Kapankah Kali Cikapundung bisa seperti Kali Code?

Satu lagi, kapankah jalan juanda (Dago) tidak lagi menjadi sungai dadakan ketika hujan besar datang? Ini satu lagi perbedaan dengan Jogja, drainase di sana lebih tertata dan terpelihara dibandingkan dengan Kota Bandung. Kalau Bandung terus begini, industri jasa lambat laun akan pudar, karena citra Bandung yang asri, tertata dan berhawa sejuk semakin susah didapatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: