Ketika Bencana Itu Mengenai Kita

Perumahan kami di daerah perbukitan, seperti tipikal perumahan yang ada di bukit-bukit Bandung Utara-Barat. Beberapa waktu yang lalu ada satu rumah yang ada di perumahan sebelah runtuh masuk jurang, padahal itu rumah baru diperbaiki dan mau ditempati. Saya terbayang betapa sedihnya keluarga yang akan menempati rumah itu, tapi itu masih harus disyukuri karena longsornya tidak saat sedang ditempati.

Tragedi di Situ Gintung Cirendeu – Tangerang saat ini juga mirip, dengan skala yang jauh lebih dahsyat. Selama puluhan tahun, bahkan sejak negara ini merdeka, situ buatan jaman belanda itu sudah ada. Ribuan keluarga beranak-pinak di sekitar sana dengan penuh kedamaian, dengan kondisi air tanah yang bisa dipastikan sangat bagus. Siapa menyangka bencana itu datang begitu tiba-tiba.

wargaberduka04

(Gambar dari DETIK – Pak Putut, semoga Allah memberikan kekuatan kepada Anda, yang harus mengikhlaskan anak satu-satunya dan istri tercinta. )

Terlepas dari bencana-bencana alam seperti itu seharusnya bisa diminimalisir dengan menerapkan berbagai pendekatan pencegahan, ada satu pelajaran penting yang bisa kita ambil: KITA TAK TAHU KAPAN AJAL DATANG DENGAN CARA APA. Mumpung masih ada kesempatan, semoga kejadian ini membuat kita semakin bisa memaknai hidup ini, bahwa hidup ini hanya satu episode dari sebuah perjalanan panjang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: