Jalan rizki terdekat?

Dimanakah jalan rezeki itu?

Ada hadits Rasulullah tercinta, bahwa 9 dari 10 jalan rezeki adalah perniagaan. Memiliki usaha sendiri baik di sektor produksi, perdagangan, jasa, atau bidang-bidang lainnya adalah di antaranya. Untuk level negara, jika saja 10% warga negaranya mau terjun jadi enterpreneur, biasanya negara itu kuat secara ekonomi. Itulah yang seringkali disinggung Pak JK dulu.

Tapi menjadi enterpreneur itu ternyata hanya jalan lahiriah saja. Itu yang dapat kita pahami kalau kita merenungi ayat Al Qur’an tentang reward bagi orang bertaqwa itu:

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya,” (QS ath-Thalaq: 2-3)

Kalau Taqwa jadi jalan hidup dan disinergiskan dengan berbisnis, semoga itu jadi jalan rezeki yang luas dan penuh berkah. Berkah untuk pribadi, keluarga dan sesama tentunya. Kalau direnung-renungi lagi, mau jadi taqwa atau tidak itu hanya pribadi kita yang bisa menentukan. Artinya di sini, tinggal kita mau atau tidak. Artinya lagi, sebenarnya jalan rezeki itu dekat sekali dengan diri kita ini. Semakin berhasil kita mengendalikan diri ini, semakin Allah menunjukkan jalan-Nya ke pintu-pintu rezeki-Nya yang telah Dia janjikan.

Semoga kita masuk golongan itu. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: