Orang-Orang Kaya

Seorang dokter yang sangat dikenal dengan sepak terjangnya di berbagai situasi emergency peperangan dalam negeri dan luar negeri, menolong orang-orang yang dia namakan “The Most Neglected People”, dengan semangat kemanusiaan yang luar biasa. Tak ada yang membayar jasa dia di medan pertempuran itu. Taruhannya tidak main-main: nyawa! Sampai-sampai dia harus memberikan pengertian kepada istri dan ketiga anaknya kalau-kalau dia tidak pulang. Ketika ditanya apakah dia sudah cukup kaya sehingga lebih banyak waktunya untuk terjun ke berbagai medan perang seperti itu. Dia menjawab: “ya tidak juga, masih kurang juga”. Ketika ditanya apakah tidak tertarik untuk buka saja praktik dokter spesialis bedah tulangnya, di menjawab:

“Tapi saya sudah diberi kecerdasan, kesempatan kuliah dan kesehatan oleh Sang Maha Pencipta. Saya juga praktik profesional. Tapi tidak nikmat hidup hanya cari uang.”

Ketika menyimak wawancaranya dalam Kick Andy, yang dalam pikiran saya: ini orang dahsyat. Orang-orang seperti inilah yang disebut sebagai orang kaya sesungguhnya.

****

Selalu iri ketika melihat orang-orang yang begitu murah hati, bahkan menghabiskan waktu, harta bahkan nyawanya untuk membantu sesamanya seperti itu. Membaca dan menyimak cerita, wawancara atau buku tentang orang-orang seperti ini seperti mengisi kembali batere kejiwaan yang sudah menipis arus listriknya.

Umar ibnul-Khaththab RA., berkata, “Rasulullah menyuruh kami supaya bersedekah. Kebetulan ketika itu, aku mempunyai harta. maka kataku dalam hati, ‘Sekarang, aku dapat mengungguli Abu Bakar sekalipun aku tidak pernah mengunggulinya.’ Aku pun datang membawa separo hartaku. Rasulullah bertanya, ‘Berapa engkau tinggalkan untuk keluargamu?’ ‘Sebanyak itu pula,’ jawabku. Datanglah Abu Bakar membawa seluruh hartanya dan Rasulullah bertanya kepadanya, ‘Berapa engkau tinggalkan untuk keluargamu?’Jawabnya, ‘Aku tinggalkan buat mereka Allah dan Rasul-Nya.’ Aku (Umar) berkata, ‘Aku tidak akan dapat mengungguli Anda buat selama-lamanya.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

Semoga kita dikuatkan untuk menjadi orang-orang kaya itu.

One Response to Orang-Orang Kaya

  1. Nova Imoet says:

    tulisan yang bagus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: