Persoalan umum implementasi TI di Rumah Sakit

Program CPE kedua tentang Penyusunan IT Blueprint untuk Rumah Sakit alhamdulillah berjalan lancar kira-kira 2 minggu yang lalu. Yang menarik dari penyelenggaraan kedua ini adalah tipikal pesertanya. Jika di penyelenggaraan pertama pesertanya mayoritas memang orang TI, di penyelenggaraan kedua ini adalah manajemen eksekutif rumah sakit dan bahwan owner rumah sakit (dalam hal ini RS swasta).

Tentu saja cara pandangnya jadi agak beda, dan karena itu pula materi-materi dimodifikasi ulang. Intinya lebih ditekankan kepada hal-hal strategis seperti:

  1. Seberapa strategis sih TI untuk rumah sakit?
  2. Bagaimana memposisikan TI sebagai alat untuk menjadi competitive/comparative advantage dibandingkan dengan RS lain?
  3. Plus state-of-the-art arsitektur aplikasi dan infrastruktur

Beberapa yang menarik dan menjadi kesimpulan dari training adalah sbb:

  1. Setelah membahas berbagai case yang ada, akhirnya dapat kesimpulan bersama: TI itu strategis lho untuk Rumah Sakit-Rumah Sakit di Indonesia.
  2. Setidaknya poin pertama menjadi referensi penting. Nah, tapi nilai strategis TI bagi RS-RS di Indonesia masih jauh dari potensi yang sebenarnya ada. Beberapa persoalan berikut ini yang sempat dibahas dalam sesi training kemarin itu.
    • Strategic Alignment yang masih rendah – RS-RS di Indonesia secara umum masih belum memiliki pola bagaimana menurunkan arahan strategis TI yang diturunkan dari rencana bisnis RS. Karena pembahasan ini jarang sekali dilakukan, akhirnya implementasi TI di RS mayoritas hanya mengikuti trend: sistem informasi ini dan itu…. Kalau tetangga pakai itu, ya kita butuh itu…. sederhananya begitu. Jadi secara faktual memang TI belum dianggap hal strategis, walaupun teorinya disadari strategis.
    • Kapasitas manajemen TI yang belum optimal Struktur organisasi di RS-RS pemerintah sudah ditetapkan oleh regulasi dari depkes. Nah, regulasi dari Depkes ini sepertinya belum “tersibghoh” dengan panduan Tata Kelola TI yang dikeluarkan oleh Dewan TIK Nasional. Mau membuat Komite TI juga agak susah, karena berdasarkan regulasi tersebut sebuah komite harus di bawah salah satu direktur. Hal ini tidak dihadapi oleh RS swasta. Jadi ada bbrp RS swasta yang posisi TI di leher, sehingga jauh lebih powerfull.
    • IT Leadership yang masih lemah – Harus diakui bahwa mayoritas RS masih memandang TI hanya sekedar supporting, alat untuk ngolah data dan buat laporan. Nothing else. Manajemen eksekutif RS belum memposisikan TI sebagai aset strategis bagi bisnis RS. Faktor ini, ditambah dengan faktor kapasitas manajemen TI yang terbatas, berkelindan menjadi sebuah titik lemah utama implementasi TI di RS Indonesia.
    • SDM TI RS yang masih lemah SDM TI di RS Indonesia, mostly, belum sekuat seperti di sektor-sektor bisnis lainnya. Mungkin ini terkait dengan persepsi atas TI yang belum dianggap aset strategis di atas.
    • Tingkat kegagalan yang tinggi dalam implementasi sistem informasi – Yang menarik, ternyata jarang sekali RS yang bisa sekali jadi untuk implementasi aplikasi SIM Rumah Sakit mereka. Kegagalan 3-4 kali ternyata banyak sekali ditemui. Apakah ini karena ketidakmampuan vendor-vendornya ataukan pola hubungan TI (plus vendor) dengan BPO (Business Process Owner) di RS yang tidak baik? Perlu ditelaah lebih lanjut untuk hal ini.
    • Sistem banyak tapi tetap susah mendapatkan informasi manajemen – Sistem aplikasi banyak dikembangkan, tetapi masih pulau-pulau terpisah. Kalau mau terintegrasi, banyak yg akhirnya harus memakai solusi satu vendor. Tentu saja ada risiko di sini.

Semoga bermanfaat untuk mentransformasi RS di Indonesia, sehingga masyarakat lebih suka membelanjakan dananya di RS Indonesia daripada ke RS negeri tetangga yang menampung uang-uang hasil jarahan dari negeri kita ini. Sudah sumberdaya kita dicuri, uang hasil korupsi ditampung mereka, eh… sakit pun kita lebih suka ke sana.

Sorry utk paragraf terakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: