Tuntutan dan Modal

Adalah tidak fair menuntut pencapaian seseorang akan sebuah hal, tetapi tidak ada modal yang memadai yang diberikan pada orang tersebut. Seorang pemilik bisnis tidak fair menuntut kerja karyawannya pada titik yang paling optimal, kalau sang pemilik bisnis tak menunaikan kewajiban menyediakan program pengembangan SDM yang memadai bagi karyawannya tersebut, selain fairness dalam soal kesejahteraan (sebatas kemampuan perusahaan, tentu saja).

Dalam hidup ini juga seperti itu juga. Coba kita simak terjemahan QS Al A’Raf :179

“Dan sungguh, akan Kami isi neraka jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki Qalb (hati) tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebhi sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.”

Saya takjub membaca ayat ini, terutama teringatkan bahwa memahami kebesaran dan ayat-ayat Allah bukan dengan fikiran, tetapi dengan hati. Ini penggunaan kata yang tak mungkin dilakukan oleh manusia. Tauhid itu ujung dan pangkalnya di hati, sedangkan fikiran itu penting sebagai sarana internalisasi ke hati.

Ada 3 “modal” utama yang diberikan kepada setiap manusia untuk selamat dari neraka jahanam itu: qalb, mata dan pendengaarn. Karena sudah kita sudah diberi modal itulah maka tuntutan kepada manusia itu jadi masuk akal. Sederhananya: kan sudah dikasih modal, mana sekarang penggunaannya? Jika dan hanya jika modal itu dipergunakan dengan semestinya, barulah yang memberikan modal akan berkenan.

Dan surat Al A’raf ini juga menyajikan satu ayat fundamental lainnya, yang mengantisipasi “penyakit” manusia yang akan menyanggah Tuhannya agar tak menyiksanya, karena kesesatannya akan kemusyrikan hanya mengikuti  apa yang telah dilakukan oleh nenek moyangnya. Begini redaksi lengkap penyanggahan itu di QS Al A’raf:173

“Sesungguhnya nenek moyang kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami adalah keturunan yang (datang) setelah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kai karena perbuatan orang-orang (dahulu) yang sesat?”

Ayat sebelumnya (QS Al A’raf:172) sudah mengantisipasinya dengan argumentasi bahwa seluruh ruh manusia itu sebenarnya telah mengikat perjanjian dengan Tuhannya ketika penciptaannya. Setiap ruh akan mempersaksikan bahwa adalah benar Allah adalah Rabb mereka.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi anak cucu adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap ruh mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Rabb-mu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Rabb kami), kami bersaksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini.”

Jadi sudah lengkap bukan modal yang diberikan kepada tiap jiwa ini?

Semoga kita bukan termasuk orang yang tak bisa bersyukur dengan keberadaan modal-modal tersebut.

2 Responses to Tuntutan dan Modal

  1. edwidianto says:

    Mengingatkan sekali, Bas.
    Terima kasih.

  2. ======== says:

    ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA / MELANJUTKAN KULIAH / KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN.

    -SMU:4.000.000
    -D3:6.000.000
    -S1:8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.KIRIM KE: pembuatanijazah@yahoo.co.id

    HUB: +6285736927001.

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: